Berita : Tadarus Seni Pesantren

 GP Ansor: Seni Merupakan Media Dakwah


JATILUHUR, RAKA- Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Purwakarta, kembali menggelar Tadarus Seni Pesantren yang dilaksanakan di lapangan Desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur. Setelah sebelumnya sukses menggelar kegiatan yang sama di Desa Liunggunung, Kecamatan Plered. Kegiatan yang digelar itu dimaksudkan sebagai upaya Pemuda Ansor dalam melakukan syiar Islam kepada masyarakat, melalui kesenian dan hal-hal positif yang dapat diterima oleh masyarakat.
Kepada Radar Purwakarta, Wakil Sekretaris GP Ansor Purwakarta Asep Saepudin mengatakan, agenda syiar Islam tersebut akan terus dilakukan sebagai kontribusi positif yang dilakukan oleh Ansor Purwakarta terhadap masyarakat. "Dalam pelaksanaannya, kita libatkan Fadly vokalis Band Padi, Sastrouw Al-Ngatawi (budayawan NU), dan Group Musik Ki Ageng Ganjur," terangnya.
Kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan pesentren itu dilakukan, lanjut Asep, berupa dialog antara bintang tamu dengan seluruh lapisan masyarakat yang ada di daerah tersebut. Yang kemudian kegiatan Tadarus Seni Pesantren berupa pagelaran Seni yang disajikan untuk masyarakat. "Ini dimaksudkan sebagai syi'ar dakwah keislaman yang dikemas dengan konsep kekinian, yaitu berupa pagelaran musik Islami. Musik yang disajikan merupakan perpaduan antara seni modern dan tradisional yang berisi shalawat," paparnya.
Pihaknya menambahkan, Ansor Purwakarta memiliki misi untuk membumikan dakwah dengan cara yang memiliki khas yang dapat diterima oleh masyarakt. Terlebih, dakwah yang dilakukan mengedepankan sopan santun dan tata cara yang penuh dengan kelembutan. "Ansor melakukan dakwah yang sifatnya merangkul, bukan memukul. Dan tentu saja ini sesuai dengan ajaran para Wali Songo yang menggunakan seni sebagai media dakwah. Seni memiliki sisi positif dan negatif, hari ini seni seringkali dipergunakan dalam kerangka negatif sehingga banyak masyarakat khususnya kaum muda seringkali terpengaruhi oleh sisi negatif seni tersebut. Bayangkan saja, apabila kekuatan seni tersebut dipergunakan dalam sisi yang positif," pungkasnya.(awk) 

PENGUNJUNG