Ansor-Salib Suci Jalin Kerjasama Kemanusiaan


PURWAKARTA, Radar Karawang

Pengurus Cabang GP Ansor Purwakarta menerima kunjungan rombongan jemaat Gereja Salib Suci Yos Sudarso Purwakarta, di Sekretariat PC GP Ansor, di Jalan RE Martadinata Purwakarta, Senin (6/5) malam. Kehadiran para tokoh umat Kristen tersebut untuk menjajaki kerjasama program kemanusiaan yang akan digelar Agustus 2013 mendatang.

Ketua PC GP Ansor Purwakarta, Ahmad Anwar Nasihin, SHI membenarkan hal itu. Menurutnya, kunjungan diikuti oleh sebanyak tujuh orang. Dua diantaranya adalah tokoh di Paroki Yos Sudarso yakni Romo Mikail, dan Suwito selaku Sekretaris Yayasan Yos Sudarso. "Tujuan pertamanya untuk silaturahmi. Keduanya untuk penjajakan kerjasama sejumlah program kemanusian yang akan mulai digulirkan Agustus (2013) mendatang," kata Anwar.

Jenis kerja sama tersebut, sambung Anwar, berupa program peduli sosial. Didalamnya ada santunan, bazar, hiburan rakyat serta tabligh akbar. Acaranya akan dirangkaikan dengan perayaan peringatan hari kemerdekaan RI, 17 Agustus 2013. Pihak Salib Suci, bertindak sebagai donatur sedangkan Ansor sebagai pelaksana teknis di lapangan. "Rencananya acara akan dipusatkan di kawasan TPAS (Tempat Pembuangan Akhir Sampah) Cikolotok Pasawahan. Sedangkan penceramah akan menghadirkan dai Kondang, Ust Yusuf Mansur," papar Anwar.

Ansor menyambut baik ajakan kerjasama tersebut, sebagai bentuk konsistensinya dalam upaya menguatkan ikatan persaudaraan di bawah naungan NKRI. Tak peduli terhadap mereka yang berbeda keyakinan. Bagi Ansor, kerjasama dengan siapa pun selama bertujuan baik akan selalu dilakoninya. "Ini bagian dari aktulisasi sikap Ansor ber-NKRI," tandas Anwar, seraya menyebut kerjasama Ansor dengan pihak pengelola gereja di Purwakarta sudah terjalin sejak tahun 2007 lalu.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Purwakarta, Drs. John Dien Th, M.Pd, menyambut baik kerjasama dua organisasi lintas agama tersebut. Menurutnya, sah saja kerjasama dilakukan terlebih untuk tujuan baik. Sebab selain dapat bermanfaat bagi organisasi dan jamaah, juga dapat makin mengeratkan hubungan dua keyakinan yang sama-sama tumbuh kembang di Purwakarta ini. "Bagus, silahkan asalkan penuh hati-hati saja agar hasilnya bagus untuk organisasi dan bagus untuk jamaahnya," tulis John Dien melalui pesan singkat. (nos)

PENGUNJUNG